TIPS MENJADI DOKTER MUDA YANG SUKSES.. :)

Posted on Updated on


waktu blog walking yaya nemu sebuah blog dengan artikel berjudul TIPS MENJADI DOKTER MUDA YANG SUKSES…
haha..pas banget..waktu dibaca isinya,,boleh lah.. :)
so yaya izin copas aja ke yg empunya blog,,alhamdulillah diizinin..
nah, this is it.. :)

————————————————————————————

Judul diatas muluk banget…gak ada yang bisa memastikan setelah mengamalkan tulisan berikut, kalian bakal jadi dokter muda yang sukses. Tapi gak ada salahnya tips berikut kalian baca dan amalkan… terserah deh mau dituruti apa gak. Simak bro’’…

1. Disiplin, ya jelas ini sangat vital. Disiplin meliputi segala hal, baik itu disiplin pergi pagi dan disiplin saat jam pulang, selain itu disiplin dalam jaga malam, mengerjakan instruksi dokter, mengerjakan laporan kasus, journal reading, referat dan lain-lain. Intinya jangan jadi pemberontak.

2. Buat buku saku catatan dokter muda. Yang lebih bagusnya lagi tiap bagian klinik kamu punya buku saku. Maksudnya buku ini adalah sebagai tempat menulis ringkasan bahan kuliah, follow up pasien, advise dokter, bedside teaching dan ilmu-ilmu lainnya yang tersirat dari mulut dokter, sekalian nulis puisi dan curhat..hehe.ampun dech..Ya jadi mirip jurnalis dikit. Tapi pastinya buku ini bakal berguna banget saat kamu dokter muda dan setelah jadi dokter.

3. Baca buku dan belajar saat menerima pasien baru. Kapan dokter muda bisa belajar dengan nyantai? Gak ada waktu lowong yang tersedia buat dokter muda belajar , maka untuk mensiasatinya, saat kamu menerima pasien, maka sesekali bukalah buku atau catatan lainnya, maka insya Allah, apa yang kamu baca bakal lebih lambat hilang dan menempel terus di otak..Ini karena apa yang kita lihat match dengan yang kita baca. Believe me dech..

4. Beli buku-buku penunjang dan protap untuk dokter muda. Ini penting banget, biar semangat belajar. Keluar dikit duit udah pasti, tapi kan ada gunanya.

5. Usahakan selalu meminta informasi tentang dokter muda di bagian tersebut dan meminjam catatan/arsip kepada dokter muda sebelumnya atau dokter muda senior baik yang lagi stase atau sudah selesai stase dan ujian di bagian tersebut. Ini penting karena disana biasa terdapat ringkasan dan berbagai hal yang must to know tentang bagian tersebut.

6. Pergunakan waktu jaga malam buat belajar. Jam jaga malam jangan dibuat untuk begadang, nonton teve atau kabur ke duta mall. Manfaatin baik-baik untuk belajar tentang kasus pasien.

7. Jangan pernah kerjakan referat sendiri. Upahkan aja ke teman yang lagi stase di bagian lain. Karena ini akan menguras waktu istirahat kita. Selain itu itung-itung juga membantu finansial teman dokter muda lainnya, atau gantian…tar kamu yang kerjakan referatnya bila dia nanti stase di bagian dokter muda kamu seperti sekarang ini. klu poin ini yaya no comment lah,tapi berat ke ga setuju sebenarnya,,haha

8. Sedia uang kaget. Biasa dompet terkuras buat beli pulsa, cemilan waktu jaga malam atau buat nyari bahan di Internet.

9. Pergunakan waktu libur benar-benar untuk istirahat. Jangan isi waktu libur dengan jalan-jalan atau belajar. Tar masing-masing ada waktunya bro!!

10. Selalu menjaga hubungan baik dan membuat suasana bersahabat dengan para dokter muda senior,paramedis, dokter, kepala ruangan, cleaning servis , keluarga pasien, pasien, dll.

11. Cari kos-kosan yang dekat dengan rumah sakit. Biar gak telat datang ke RS

12. Ibadah jangan sampai ditinggalkan atau dilalaikan. It’s very important Bro..!!

Tinggalkan komentar kalian setelah membaca tulisan ini yach….

artikel ini di copas dengan tanpa perubahan isi dari http://kisahdoktermuda.wordpress.com/page/2/

*Friday, April 2, 2010 at 6:40pm

29 thoughts on “TIPS MENJADI DOKTER MUDA YANG SUKSES.. :)

    siti safia werfete said:
    11 March 2012 at 12:02

    assallamuallaikum k’ :)
    sya siti, siswa SMA 1 kaimana papua barat, ingin skali kuliah d FK, tp msh bingung soal daftarx, mohon bantuanx y k’ :D help me please in no hp. Sy 085244990521
    mksih bxk sblmx

      zanosa061187 responded:
      13 March 2012 at 08:16

      wassalam siti.. :)

      untuk daftar ke FK itu tergantung FK mana yg dek siti minati..
      kalau minat FK negeri bisa melalui seleksi nasional (SMPTN) atau melalui seleksi masuk yg diadakan oleh FK ybs..
      kalau minat FK swasta biasanya melalui seleksi masuk yg diadakan FK tersebut..
      infonya bisa dicari melalui internet..
      kalau saran kakak, sebaiknya masuk FK negeri saja dan melalui seleksi masuk nasional karena biaya nya lebih ringan..
      kemudian setelah menjadi mahasiswa nanti biasanya ada beasiswa kalau adek jeli mencari dan mengikuti informasi selama sekolah di sana..

      semoga bisa lulus di FK dan menjadi dokter yg sukses dunia akhirat :D
      semangat!

      wassalam

    sandurezu said:
    21 May 2012 at 13:05

    thanks udah share kk :mrgreen:
    doakan smg bisa menyusul jd dokter muda tahun depan, aminn ><
    salam kenal lagi ya kakak..dari adikmu di 09. ^^

      zanosa061187 responded:
      21 May 2012 at 17:07

      sama2 aan
      moga cepat jadi dokter muda trus cepat pula jadi dokter..
      aamiin ya ALLAH..

    nur azizah utami said:
    20 September 2012 at 20:05

    Ass :) !! Aku masih kelas 1 aliyah di Ponpes Immim Putri Sulawesi Selatan,, pengen banget jadi dokter muda, yang dapat banggain orng tua,yah walaupun awalnya ga ada niat buat jadi dokter,tapi setelah mendengar arahan dari orangtua,alhamdulilah ada tujuan buat kuliah di FK Unhas اِنْ شَآ ءَ اللّهُ kak :) mohon tips nya dan saran yah kak ! Syukran

      zukazukazaya responded:
      15 October 2012 at 21:32

      Wa’alaykumussalam wr wb

      Wah, bru kelas 1 tapi dek nur azizah utami dah smangat betul bwt ke perguruang tinggi.. Bagus!
      Fk unhas, kakak punya beberapa teman di sana..
      Hm.. Mulai lah dg merintis prestasi akademik di kelas, di sekolah, klu bs sampai menang lomba2 akademik dan non akademik yg tahunan yg sering diadakan di daerah kamu.. Sering lah bertanya ke kakak2 senior yg prestasi cemerlang dan ikuti kebiasaan2 baiknya.. Terutama yg dah berhasil lulus di fk yg kamu idamkan..
      Ohya, saran kakak, selain fk kamu jg mesti prepare atau punya plan b alias alternatif pilihan jurusan lain.. Jgn menutup diri hny ingin msk fk.. Krn dlm perencanaan bs saja tnyata itu bukan yg tbaik utk qt.. Spt kakak, dulu punya 2 alternatif, yg pertama fk, yg kedua teknik.. Tapi walau bgmn pun, apapun pilihannya yg penting rajin belajar dan berdo’a.. Itu kuncinya.. Utk tips lain silakan liat di balasan2 kk di komen2 yg lain ya.. Smangat.. Smoga sukses.. Wassalam (⌒_⌒)

      Nb : assalamu’alaykum nya jgn disingkat dg ‘ass’ lg ya, coz klu dlm bhs inggris artinya jauh beda.. Bgsnya disingkat dg assalam atau ditulis lengkap2 aj assalamu’alaykum.. ˆ ​​​​​⌣ ˆ

        chicha said:
        12 August 2013 at 22:05

        Assalam,Amin. InsyaALLAH kak doain yah biar selalu ngukir prestasi
        Oiya afwan sebelumnya tapi gak ada niat buat artiin yg salah2 kok kak,hihi
        Wassalam yah kak

    Nanakhay said:
    14 October 2012 at 16:02

    Assalamu’alaikum kakak… aku sangat berantusias masuk jurusan FK di perguruan tinggi negri suatu saat nanti…
    yang diawali dengan mendapatkan banyak penghargaan dari SMA ku skarang… aku saat ini masih proses mengembangkan niat dan cita2ku ini…
    awalnya, aku tidak memiliki cita2 yang pasti sebelum masuk SMA… kmudian, aku terkena musibah yang membuatku masuk rumah sakit untuk beberapa bulan… aku sngat sedih melihat kluargaku menangis hnya karena aku yg tidak berdaya saat itu… jadi, aku termotivasi untuk menjadi seorang dokter yg dpat menghapuskan duka manusia di muka bumi ini…
    saat ini, aku telah mendapatkan satu keinginanku di SMA, yaitu dngan terpilihnya aku mnjadi salah satu siswa yg direkomendasikan menjadi seorang siswa akselerasi…
    jadi, aku ingin lebih dan lebih lagi agar aku suatu saat nnti bisa masuk kuliah FK dngan jalur undangan atau klau bisa, masuk jalur beasiswa….
    aku mohon bantuannya kakak, agar aku bisa melancarkan niatku ini… aku mohon motivasi dan batuan kakak agar aku tidak gampang mnyerah menghadapi cobaan di dpan mataku ini…
    MAY ALLAH BLESS n LOVES US forever…
    Wassalam….

      zukazukazaya responded:
      15 October 2012 at 21:11

      Wa’alaykumussalam wr wb

      Luar biasa smangat mu dek nana.. Kakak juga salut dgn impian yg gamblang tersirat dari pemaparan mu.. Kongkritkan lagi cita2 mu ya.. Seperti membuat “dream book” atau “dream map”.. Sebuah master plan penggapaian cita2 berupa target2 apa yg ingin kamu capai, bagaimana cara mencapainya, dan berapa lama wkt yg kamu butuhkan utk menyelesaikan tiap tahapan dlm mencapai target tsb.. Misal, saya ingin jd mhs undangan ke fk negeri favorit, utk itu saya harus memiliki prestasi akademis dan non akademis yg baik, caranya saya akan meluangkan wkt khusus utk mata pelajaran yg saya tdk kuasai (les atau berlatih soal2 mandiri) dan memantapkan mata pelajaran andalan yg saya kuasai.. Insyaallah usaha giat dan do’a yg tekun serta tawakal akan membawa mu ke jalan terbaik yg dipilihkan Allah.. Smoga langkah menjadi dokter yg baik adalah jawaban smw ikhtiar dan do’a tersebut.. Semoga sukses.. Wassalam.. (⌒_⌒)

      Nb : ada video motivasi yg cukup berkesan bagi kk, search aja di google atau di youtube dg key word “danang sang pembuat jejak”

    Ogie said:
    17 December 2012 at 15:53

    Good post. Very helping.
    Semoga saya bisa menjadi dokter sukses. Aminn

      zukazukazaya responded:
      23 December 2012 at 19:53

      thank’s.. good luck.. aamiin ya ALLAH :)

    rizky yuniar s said:
    20 December 2012 at 19:15

    aku ingin jdi dokter,,,tpi keekonomian ayah sama ibu kelihatnnya kurng dech,,,,gimna yaaa????

      zukazukazaya responded:
      23 December 2012 at 19:52

      cukup banyak rekan2 serta senior saya yang tidak begitu bagus ekonominya yang berhasil menjadi dokter.. malah melanjutkan ke spesialis.. yang penting usaha dan do’a serta niat yang kuat untuk mencapai cita-cita.. insyaALLAH nanti ada saja jalan jika memang itu yang terbaik untuk kita.. apakah itu melalui beasiswa atau pun mendapatkan orang tua asuh yang mau membiayai sekolah.. semoga sukses :)

      novani kristi said:
      12 January 2013 at 13:34

      kamu jangan pantang menyerah……?yaaaaaaaa
      kejar impianmu untuk menjadi seorang dokter…….?
      kejar semampu kamu

    imandega muhammad said:
    4 January 2013 at 19:31

    terima kasih
    saya siswa SMAN 1 Leuwiliang
    saya mau menjadi pelayan Allah yang baik dengan menjadi dokter !!!
    tapi yg saya tau FK itu mahal :(
    mohon bantuannya …

    Alda Ratnaa said:
    6 January 2013 at 11:01

    Aku juga kepingin jadi Dokter yg sukses kk, tp akk juga ngk seberapa pintar .
    kasih solusi ya kk? :-)

    novani kristi said:
    12 January 2013 at 13:28

    aku ingin menjadi dokter…..dan aku pasti bisa untuk mengejar cita cita ku sejauh mungkin

    riya imoet said:
    14 February 2013 at 15:04

    ka’ bagus banget q jg ingin kaya’ ka2′ lho dan sukses ?

    Yuni Sri Nuraeni said:
    2 March 2013 at 13:06

    .bagaimana untuk meraih sebuah cita-cita. namun kurang dukungan dari orang terdekat, sedangkan dalam diri mempunyai semangat yang tinggi untuk meraihnya.. apakah harus meninggalkan suatu harapan itu atau terus berjuang, sampai mendapatkan dukungan..

    letha said:
    22 March 2013 at 14:42

    Kak mau tanya dong? persyaratan jadi dokter itu apa aja sih? mau belajar dari sekarang biar nantinya bisa menjalinya dengan mudah.
    mahal nggak?

    khoiir said:
    3 May 2013 at 08:51

    gMNA sih trikx Byar bsa jdi Dokter yg skses.,.,.,???????????????????
    jadi dokter itu enak dah bsa nolong orng jga dapat pahala
    pgn rsax jdi dokter.,.,.,.,??????????????????????
    KRITIK DAN SARANX EA.,.,.,.,.,.,.

    Siti anita said:
    21 June 2013 at 14:35

    Ass ..
    Ka, saya nita , bru mau naik klas 1 SMA :)
    Saya pngen bngt jadi dokter muda, itu cita” saya dari kecill biar bsa banggain orng tua .. Tapi saya bngung ka harus gmana?
    Saya sering bngung harus blajar apa byar nanti tes untuk masuk kuliah nya lancar ..
    Tolong kasih tau jalan nya dong ka
    wass..

    Rahma Gusmalinda said:
    2 August 2013 at 19:50

    Aku jg pengen jd dokter.Tapi,minder krna skill ku dan otak ku kurang semampai.Kadang klw liat tulisan bahasa medis akux bingun dan akhirx kepala terasa tertusuk jarum2…..he he he

    Nurafni khairunnisa said:
    4 August 2013 at 16:35

    kak, knalin nama aq Afny. Umurq mziH 14 th . Tp kak, kdpany aq mau jdi dokter. Tpi aq sdkt phobia kLw ngeliat darah..
    MHoN tipznya ya kak :)
    ^afny^

    dian said:
    27 September 2013 at 15:29

    kak, tanya dong persyaratan yang di butuhkan untuk menjadi koas itu apa saja yha? trimakasih :)

    Nur Alfi Syahri said:
    5 October 2013 at 20:50

    Ass…
    Saya Alfi Kls XII, pengen banget msuk FK. Kira2 klau lwat jalur snmptn biayanya lumayan gede nggak??
    Mksih sbelumnya

    Via said:
    27 November 2013 at 15:55

    Iya tips yang cukup baik bagi dokter muda

    Darmawan said:
    18 December 2013 at 17:40

    Terimah kasih kak Atas infonya dan sangat bermanfaat sekali..

    Doakan sya ya Kak semoga saya bisa jadi Dokter muda yang suksus
    === Aaamiinn ====

    rizka said:
    6 February 2014 at 23:11

    assalamualaikum :) nama aku rizka aku masih kls 3 mts, aku pengen banget jd dokter muda yang sukses doain aja ya :) eh iya kak, makasih udah berbagi info disini, infonya berguna buat aku :D

Leave a Reply

